Rental Mobil jakarta, sewa bis pariwisata
Rental Mobil jakarta, sewa bis pariwisata

Mohon Tunggu...

Keranjang Anda saat ini kosong.

Kembali ke toko

open trip | open trip jakarta | gunung | hiking

Tips Tempat Hiking Terpopuler di Indonesia Bersama Open Trip Jakarta

Coba hiking di gunung-gunung favorit pendaki di Indonesia! Social distancing dan gerakan #dirumahaja yang udah kita jalani selama hampir 2 bulan terakhir ini pasti bikin kamu kangen banget sama alam. Mungkin, kamu pun jadi terpikir untuk merencanakan hiking ke gunung sekalian mencoba hal baru setelah pandemi berakhir nanti. Tapi kamu mungkin akan bertanya-tanya: di mana tempat hiking yang ideal buat kita coba ya?

Untuk mempermudah kamu dalam mempertimbangkan gunung mana yang jadi tempat hiking yang akan kamu coba setelah pandemi virus corona ini berakhir, Kami sudah mengumpulkan daftar 10 gunung tempat hiking populer di Indonesia. Sebagian dalam daftar ini ramah untuk pemula kok, jadi kamu enggak perlu takut untuk mencoba naik gunung!

Baca juga : Tips Destinasi Wisata Anti Mainstream di Indonesia Bersama Rental Alphard Bandung

Berikut adalah Tips Tempat Hiking Terpopuler di Indonesia Bersama Open Trip Jakarta

1. Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dan bisa dibilang merupakan yang terpopuler di Indonesia, tentu saja berkat novel serta film “5 cm”. Gunung ini bahkan juga pernah diangkat oleh Dewa 19 menjadi lagu berjudul “Mahameru”, lho.

Film “5 cm” memang benar-benar mengangkat gunung ini menjadi tempat hiking populer baik bagi pecinta gunung maupun pemula. Namun perlu diketahui buat kamu yang baru akan pertama kali naik gunung, Semeru cukup sulit untuk didaki terlebih jika kamu hendak ke puncaknya. Sebagian pendaki terlebih yang pemula biasanya berhenti di Ranu Kumbolo, sebuah danau serta camp site paling terkenal di gunung ini.

Baca juga : Mengunjungi Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno Bersama Sewa mobil Alphard

2. Gunung Gede

Lokasi Gunung Gede yang berada di Jawa Barat membuat gunung ini menjadi tempat hiking yang sangat populer bagi para pecinta gunung di Jakarta dan Jawa Barat. Apalagi, pemandangan di gunung ini sangat indah, terlebih di Alun-Alun Suryakencana, padang savana yang dihiasi bunga edelweiss yang magis.

Dikarenakan medannya yang tidak bisa dibilang ringan, sangat disarankan mendaki Gunung Gede dengan pemandu jika kamu pemula, atau bersama teman-teman yang sudah sering naik Gunung Gede sebelumnya.

Baca juga : Tips Merawat Mesin Mobil Agar Selalu Sehat dan Tidak Mudah Turun Mesin Ala Rental Hiace Jakarta

3. Gunung Bromo

Gunung Bromo bisa dibilang merupakan gunung yang paling mudah didaki di antara gunung lainnya dalam daftar ini. Maklum, sebagian besar perjalanan memang bisa ditempuh dengan mobil jeep, dan sisanya adalah perpaduan pendakian di atas pasir dan tangga hingga ke bibir kawah Bromo.

Mayoritas traveler mengunjungi Gunung Bromo untuk melihat matahari terbit dan pulang setelah hiking ke puncak Gunung Bromo. Meski begitu, kamu juga bisa menginap atau camping di Gunung Bromo untuk pengalaman yang lebih seru dan lama di atas Bromo.

Baca juga : Panduan Pergi  Liburan Ke Raja Ampat Bersama Sewa Mobil Papua

4. Gunung Ijen

Gunung yang lebih terkenal karena kawahnya yang unik ini tengah naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Yup, berkat keberadaan wisata Kawah Ijen yang terkenal dengan api birunya, jumlah turis yang datang dan hiking ke Gunung Ijen pun terus bertambah jumlahnya.

Pendakian ke atas Kawah Ijen juga relatif tidak terlalu sulit dengan jarak tempuh sekitar 3 km dan waktu tempuh sekitar 2 jam. Meski begitu, pastikan kamu mempersiapkan fisik terlebih dahulu ya sebelum mendaki gunung ini!

Baca juga : Menyelami Kekayaan Bahari Wakatobi Bersama Sewa Hiace Termurah

5. Gunung Prau

Gunung Prau terkenal sebagai salah satu gunung tempat hiking yang cocok untuk pendaki pemula. Hal ini karena Gunung Prau memang tidak terlalu tinggi (2.565 mdpl) namun punya pemandangan yang tak kalah indah dengan gunung-gunung yang lebih tinggi darinya.

Apalagi, Gunung Prau terletak tepat di dekat Dataran Tinggi Dieng, yang juga jadi salah satu primadona wisata alam di Jawa Tengah. Oh, dari puncak Prau, kamu bisa mendapatkan pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro lho!

Baca juga : 7 Inspirasi Weekend Getaway di Bandung Favorit Bersama Sewa Alphard

6. Gunung Sumbing

Merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa, Gunung Sumbing adalah pilihan bagi para pecinta gunung di Jawa Tengah yang ingin pendakian yang lebih menantang daripada Gunung Prau. Waktu tempuh untuk menuju puncak pun cukup lama, sekitar 8-9 jam. Meski begitu, keindahan alam yang terpampang di puncak akan membayar rasa lelahmu setelah berjam-jam mendaki.

Baca juga : Menyusuri Eksotika Mandalika Bersama Sewa Premium class

7. Gunung Papandayan

Seperti Gunung Prau, Gunung Papandayan juga merupakan gunung yang dikenal sebagai tempat hiking untuk pendaki pemula. Dengan ketinggian yang tak jauh beda dengan Prau, jalur pendakian di Papandayan bisa dibilang tidak tidak seberat gunung lainnya dalam daftar ini.

Meski begitu, jangan remehkan pesona pemandangan yang ditawarkan Papandayan, terlebih Hutan Mati-nya yang ikonik. Dijamin akan bikin pendaki pemula ketagihan buat hiking naik gunung lagi.

Baca juga : Sepotong Surga di Tanjung Bira Bersama Sewa Mobil Makassar

8. Gunung Rinjani

Keluar dari Pulau Jawa, Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok, dan merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Bagian paling terkenal dari Rinjani tentu saja pemandangan Segara Anak yang indah, yang memberikan sensasi berbeda dibanding pemandangan di gunung-gunung lainnya.

Sstt.. Bersama Gunung Batur, Gunung Sewu, dan Taman Bumi Ciletuh-Palabuhanratu, Rinjani masuk dalam daftar UNESCO Global Geoparks, lho, sebagai situs geologis luar biasa yang sangat penting untuk dijaga.

Baca juga : Menyusuri Pulau Seribu Menggunakan Sewa Elf Long

9. Gunung Batur

Gunung Batur adalah gunung berapi aktif di Pulau Bali, dan merupakan salah satu tempat wisata alam favorit turis juga di Bali. Gunung ini menjadi tempat hiking ideal untuk para turis yang ingin melihat keindahan alam Bali selain pantainya.

Gunung ini juga cukup ramah bagi pemula, karena waktu hiking untuk sampai ke puncak hanya sekitar 2 jam. Makanya, banyak banget wisatawan yang mau mendaki Gunung Batur untuk melihat keindahan matahari terbit di pagi hari, lho!

Baca juga : Mengunjungi Tempat Wisata Danau Sentani Bersama Rental Mobil Papua

10. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu adalah salah satu gunung dengan pendakian yang sangat menantang dalam daftar ini karena terkenal dengan sumber air yang minim. Oleh karena itu, bagi kamu yang tertarik untuk mendaki Gunung Merbabu, sangat disarankan untuk menyiapkan perbekalan yang cukup, terutama air minum, sebelum naik.

Jalur untuk ke puncak Gunung Merbabu juga cukup menantang, apalagi jika kamu harus melewati Jembatan Setan yang sempit dan sangat curam. Jadi, pastikan kamu pergi dengan teman atau pemandu yang sudah hapal banget dengan trek gunung ini, ya!

Baca juga : Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan Ala Rental Alphard Bogor

Tertarik Untuk Naik Gunung Pertama Kalinya? Gunakan Pemandu atau Ikut Paket Tour Saja, Jika tertarik untuk mendaki beberapa gunung di atas tetapi masih ragu karena kamu belum pernah naik gunung sebelumnya, Kami sangat menyarankan kamu untuk mencari pemandu profesional atau mengikuti paket tour.

Bicara soal hiking, sudah tau mau hiking kemana? dan dengan siapa? Jika belum, langsung saja buka situs web Bina Sarana Rent Car maupun Bina Sarana App dan kamu bisa langsung gabung dengan open trip kami.

Baca juga : Tips Membawa makanan saat liburan ke pantai Bersama Sewa Mobil Mewah Bali

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *