Rental Mobil jakarta, sewa bis pariwisata
Rental Mobil jakarta, sewa bis pariwisata

Mohon Tunggu...

Keranjang Anda saat ini kosong.

Kembali ke toko

bina sarana | sewa mobil | sewa mobil jawa tengah

Yang Harus Di Ketahui Sebelum Bepergian Ke Karimunjawa Bersama Bina Sarana

Sejarah Karimunjawa

Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria, legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin dengan kenakalan putranya, Amir Hasan. Dan dengan tujuan mendidik, Sunan Muria memberikan perintah kepada putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang keliatan ‘ kremun – kremun ( kabur ) dari puncak Gunung Muria supaya putranya bisa memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena berawal dari kata ‘ kremun kremun’ akhirnya di namakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.

Karimunjawa dulunya adalah tempat transit pasukan Mongol di bawah kepemimpinan Kubilai Khan. Karena pada waktu itu, Karimunjawa sering dijadikan tempat berunding antara Kubilai Khan dan Raden Wijaya untuk menjatuhkan Kerajaan Kediri.

Kemudian Raden Wijaya mendirikan kerajaan besar yaitu kerajaan majapahit, setelah Kerajaan Kediri jatuh. Dan Raden Wijaya dipercaya yang berpengaruh besar untuk perkembangan Karimunjawa di masa dahulu.

Cara Pergi ke Karimunjawa Brsama Bina Sarana

Terdapat beberapa jenis transportasi yang bisa dipilih untuk menuju Karimunjawa, antara lain :

Pergi ke Karimunjawa Dengan Pesawat

Semua perjalanan menuju ke Karimunjawa dengan menggunakan pesawat terbang akan mendarat di Bandara Internasional Ahmad Yani (SRG) Semarang.

Passenger Service Charge ( PSC ) / airport tax :

  • Penerbangan domestik : Rp. 30.000
  • Penerbangan internasional : Rp. 75.000 – Rp. 100.000

Untuk menuju Karimunjawa, ada dua rute yang bisa dipilih, yaitu :

Pergi ke Karimunjawa Lewat Darat Rute SemarangJeparaKarimunjawa :

Bandara Internasional Ahmad Yani ke Jepara sekitar satu setengah jam, dan ada beberapa transportasi yang bisa dipilih untuk menuju Jepara, yaitu :

Bus, bisa Anda temukan di Terminal Terboyo dan tersedia bus antar kota dan propinsi. Lokasinya ada di Jalan Terboyo Raya, Sambirejo, Semarang.

Mobil Travel, perjalanan ke Karimunjawa bisa di tempuh dengan mobil travel dan di Semarang tersedia mobil travel Day Trans. Untuk tarif perjalanannya sekitar Rp. 30.000 per penumpang.

Sewa Mobil, jika Anda berlibur dengan keluarga bisa menggunakan jasa sewa mobil untuk transportasi selama liburan. Jasa tarif sewa mobil sekitar antara Rp. 350.000 – Rp. 450.000 per hari.

Dan jika Anda sudah tiba di Jepara, bisa langsung menuju Karimunjawa dari Pelabuhan Kartini dengan menggunakan kapal jenis KPM Muria yang akan tiba di Pulau Karimunjawa.

Ini daftar keterangan KPM Muria :

Tarif : Rp. 40.000 – Rp. 80.000 ( PP )

Lama perjalanan : 4,5 jam

Senin, Rabu, Jumat dan Sabtu

Selain KMP Muria, Anda bisa menggunakan Kapal Ekspress Cantika 89 dengan dua kelas, yaitu :

  • VIP : Rp. 104.000
  • Executive : Rp. 89.000

Senin, Selasa, Jumat, dan Sabtu

Pergi ke Karimunjawa Lewat DaratRute Pelabuhan Tanjung Mas – Pulau Karimunjawa

Untuk menuju Pulau Karimunjawa, Anda bisa menggunakan kapal cepat KMC Kartini yang berangkat setiap Sabtu pukul 09.00

Tarif per penumpang Rp. 143.000

Lama perjalanan : 4 jam

Hanya satu kali jadwal Sabtu

Pergi ke Karimunjawa Lewat laut

Anda bisa menggunakan kapal laut untuk menuju ke Karimunjawa dan berangkat dari Pelabuhan Kartini Jepara. Kapal yang bisa digunakan jenis KMP Muria, yang tarifnya Rp. 40.000 dan Rp. 80.000 untuk pulang – pergi.

Selain itu menuju Karimunjawa Anda bisa berangkat dari Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang dengan menggunakan kapal KMC Kartini yang tarifnya Rp.143.000

Transportasi umum di Karimunjawa

Jenis – jenis transportasi yang bisa ditemukan di Pulau Karimunjawa, yaitu :

  • Perahu motor, jika Anda ingin bepergian dari satu pulau ke pulau lainnya selama berlibur di Pulau Karimunjawa, bisa menggunakan perahu motor. Dan tarifnya antara Rp. 300.000 – Rp. 500.000 per hari tergantung dari destinasinya.
  • Sepeda motor atau ojek, di Karimunjawa juga terdapat transportasi jenis ojek dan untuk tarifnya sekitar Rp. 15.000 – Rp. 20.000 tergantung dari tujuan dan jaraknya.
  • Mobil pick-up, merupakan jenis transportasi dengan menggunakan mobil truk mini tetapi tidak beratap, dan biasanya digunakan wisatawan untuk mencapai tempat penginapan.
  • Becak, transportasi ini tergolong langka di kota besar, tetapi di Pulau Karimunjawa Anda bisa menemukan dengan mudah dan menggunakannya selama berlibur di Pulau Karimunjawa. Dan tarifnya sekitar Rp. 10.000 – Rp. 15.000 tergantung dari jaraknya.

Hotel di Karimunjawa

Budget, untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan. Menengah,Jenis penginapan ini lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3. Mewah, Tentunya dengan memilih penginapan mewah hotel bintang 4 dan hotel bintang 5,anda akan mendapatkan kesempurnaan fasilitas dalam berlibur, karena semua fasilitas akan disediakan oleh pihak hotel.

Iklim di Karimunjawa

Pulau Karimunjawa memiliki iklim tropis. Dan Pulau Karimunjawa merupakan kota dengan curah hujan yang signifikan. Bahkan di musim kemarau terdapat banyak hujan

Bahasa Daerah di Karimunjawa

Bahasa daerah yang digunakan di Pulau Karimunjawa adalah bahasa Jawa, karena Pulau Karimunjawa merupakan kota dari Kabupaten Jepara.

Tempat Wisata di Karimunjawa

  • Pulau Geleang, letaknya di sebelah barat pulau Karimunjawa, pantainya cukup luas, bersih dan indah. Pulau Geleang ini sering dijadikan tempat untuk bakar ikan, dikarenakan pulaunya yang lumayan lebar.
  • Pulau Tengah dan Pulau Cilik ( kecil ), letaknya ada di sebelah timur pulau Karimunjawa, dengan perjalanan dari Karimunjawa kira – kira membutuhkan waktu 2 jam dengan menggunakan kapal motor. Di samping kanan ataupun kiri pulau terdapat tempat – tempat snorkeling, dengan terumbu karang dan biota laut yang indah. Dalam perjalanan menuju pulau, jika Anda beruntung bisa melihat ikan lumba – lumba, dan di tengah – di tengah perjalanan, biasanya terlihat gundukan pasir yang terlihat jika air sedang surut, tepatnya disebelah selatan pulau cilik. Oleh masyarakat setempat gundukan pasir putih memanjang ini sering disebut dengan pulau gosong, dan untuk melihatnya membutuhkan waktu kira – kira perjalanan 35 menit dari kepulauan Karimunjawa.
  • Pantai Ujung Gelam. Alamat: Tanjung/ujung barat Pulau Karimunjawa, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Pantai Barakuda. Alamat: Pulau kemujan, Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Pantai Nirwana. Alamat: Desa Kapuran, Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah
  • Pantai Batu Topeng. Alamat: Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah
  • Pantai Legon Lele. Alamat: Pulau Karimun Jawa, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Pantai dan Bukit Annora. Alamat: Pulau Karimun Jawa, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Penangkaran Hiu, Pulau Menjangan Besar. Alamat : Pulau Menjangan Besar, Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Pulau Menjangan Kecil. Alamat: Pulau Menjangan Kecil, Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Pulau Cilik. Alamat: Kemujan, Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Pulau Cemara Besar. Alamat: Pulau Cemara Besar, Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Bukit Love. Alamat: Dusun Jatikerep, Desa Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Bukit Joko Tuwo. Alamat: Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.
  • Alun – alun Karimunjawa. Alamat : Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Hutan Mangrove, Pulau Kemujan. Alamat: Pulau Kemujan, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Pantai Batu Putih. Alamat: Pulau Kemujan, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Pantai Bunga Jabe. Alamat: Pulau Kemujan, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Bakololo. Alamat: sisi barat Bandar Udara Dewadaru, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Pantai Ujung Batulawang. Alamat: Utara Pulau Karimunjawa, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Dermaga Mrican. Alamat: Gelaman, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Tanjung Gelam. Alamat: Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Karimunjawa Butterfly Park. Alamat: Jalan Kapuran No. 07, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Kegiatan yang bisa di lakukan di Karimunjawa Bersama Bina Sarana

  • Olahraga Selam, di Karimunjawa terdapat wahana olah raga selam yang bisa dinikmati untuk melihat keelokan bawah laut dari Karimunjawa.
  • Snorkeling, Anda akan melihat pesona bawah laut dari permukaan air, yang tentunya menjadi sensasi tersendiri selama berada di Karimunjawa.
  • Berjemur, kegiatan ini sama dengan di pulau Bali. Karimunjawa juga terdapat beberapa tempat yang cocok untuk aktifitas berjemur dipinggir pantai. Anda bisa berkunjung ke Pulau Menjangan Besar dan Pulau Cemara Kecil yang memiliki pantai pasir putih yang sangat bersih.
  • Berenang dengan hiu, jika berkunjung ke karimunjawa bisa melakukan kegiatan berenang dengan ikan hiu, jangan takut ikan hiu yang ada di karimunjawa sudah tergolong jinak dan terlatih.
  • Mengelilingi pulau, di karimunjawa Anda bisa melihat keindahan Karimujawa dengan mengelilingi dan mengunjungi pulau – pulau di sekitar karimunjawa.

Rekomendasi Tempat Makan di Karimunjawa

  • Rumah Makan Bu Ester, di Karimunjawa ada satu tempat makanan yang cukup terkenal di karimunjawa. Dan menu yang tersedia di warung Bu Ester cukup lengkap, dari jenis aneka lauk pauk dan sayur – sayuran tersedia semua. Lauk pauk yang tersedia sebagian besar adalah dari hasil laut karimunjawa, yang hasilnya berasal dari tangkapan yang diolah masih dalam keadaan segar sehingga memiliki kelezatan dan cita rasa yang berbeda. Lokasi warung Bu Ester berada di alun – alun dekat dermaga kecil yang diperuntukkan tempat bersandar perahu – perahu kecil yang digunakan sebagai tempat keberangkatan tour wisata laut karimunjawa.

Tips Wisata di Karimunjawa

  • Sebelum berkunjung ke Karimunjawa, sebaiknya tentukan pulau yang akan dikunjungi. Karena banyaknya pulau yang akan dikunjungi di Karimunjawa bisa membuat bingung, dan jangan lupa menggunakan pemandu wisata yang berpengalaman dan bisa merekomendasi pulau mana yang nanti akan di tuju.
  • Jika Anda ingin berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa datanglah pada bulan Mei dan Agustus, dikarenakan di bulan tersebut tidak angin tidak sedang berhembus kencang, dan ombak tidak terlalu tinggi.
  • Jangan lupa menggunakan sandal dan berhati – hati dalam melangkah di sekitar pulau, karena banyaknya terumbu karang yang ada di Karimunjawa bisa melukai kaki Anda, dan terdapat beberapa satwa yang beracun seperti bulu babi dan ubur – ubur juga sering ditemui disini.
  • Perhatikan waktu listrik yang aktif, di Karimunjawa listrik akan menyala dari pukul 18.00 – 06.00 WIB pagi, karena itu harus diperhatikan bagi Anda yang membawa handphone, kamera, atau peralatan listrik lainnya yang membutuhkan listrik.

Perlu Kamu Tahu di Karimunjawa

 

Cek Artikel Yang Lain Disini

Kamu juga bisa langsung download Bina Sarana Sekarang Juga

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *