Rental Mobil jakarta, sewa bis pariwisata
Rental Mobil jakarta, sewa bis pariwisata

Mohon Tunggu...

Keranjang Anda saat ini kosong.

Kembali ke toko

bina sarana | sewa mobil | sewa mobil padang

Panduan & Tips Praktis Liburan ke Bukittinggi Bersama Bina Sarana

Panduan Liburan ke Bukittinggi – Berkunjung ke Sumatera Barat tak hanya terbatas pada menjelajahi kota Padang saja. Masih ada daerah-daerah menarik di Sumatera Barat yang bisa kamu jelajagi seperti Kota Bukittinggi yang terkenal akan Jam Gadangnya yang tak kalah menarik untuk kamu sambangi. Pernah menjadi Ibukota Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia, kota Bukittinggi merupakan salah satu kota terbesar di Sumatera Barat.

Menawarkan berbagai daya tarik wisata, Bukittinggi menjadi salah satu destinasi menarik untuk liburanmu selanjutnya. Untuk kamu yang tinggal di Padang, Bukittinggi juga bisa jadi destinasi weekend gateaway untuk sekedar melepas penat dan mencari suasana baru.

Berencana untuk berlibur ke Bukittinggi? Berikut merupakan ulasan lengkap mengenai tips serta panduan liburan ke Bukittinggi yang bisa kamu ikuti untuk menyusun itinerary-mu.

 

Cara ke Bukittinggi Bersama Bina Sarana

Cara paling mudah ke Bukittinggi untuk kamu yang berada di luar Provinsi Sumatera Barat adalah dengan menggunakan pesawat dengan tujuan Bandara Internasional Minangkabau yang berada di Padang Pariaman.

Setelah tiba di Bandara Internasional Minangkabau, kamu bisa menggunakan taksi atau armada angkutan resmi lainnya di Bandara Minangkabau untuk menuju Kota Padang dan melanjutkan perjalanan ke Bukittinggi dengan opsi transportasi lainnya.

Cara ke Bukittinggi dari Kota Padang

Dari kota Padang untuk menuju Bukittinggi kamu bisa menggunakan angkutan umum berupa Bus dengan rute Padang – batas kota ataupun Trans Padang atau sewa mobil padang. Transportasi ini bisa kamu temui di ‘Terminal Bayangan’ yang berada di Universitas Negeri Padang dan Plaza Bakso (Bakso Mall). Jarak tempuh dari Padang ke Bukittinggi sekitar 2,5 – 3 jam perjalanan.

Alternatif lainnya, khususnya untukmu yang hendak ke Bukittinggi bersama rombongan adalah menggunakan bus travel atau sewa mobil dari agen perjalanan resmi yang bisa kamu pesan melalui website binasarana.co.id.

Atau, kamu juga bisa melakukan road trip dengan rute yang mudah melalui Jalan Lintas Barat Sumatera. Tak perlu khawatir jika kamu tak memiliki kendaraan karena di website binasarana.co.id kamu juga bisa menemukan rental mobil untuk memenuhi kebutuhan transportasi selama berlibur ke Bukittinggi.

 

Memilih Akomodasi yang Tepat di Bukittinggi

Panduan merencanakan liburan ke Bukittinggi selanjutnya tentu takkan lengkap tanpa mempersiapkan akomodasi tempatmu menginap selama berada di Bukittinggi.

Ada banyak pilihan hotel di Bukittinggi dengan jenis yang cukup bervariasi. Untuk kamu yang mencari hotel berbintang dengan jumlah kamar yang banyak serta fasilitas yang lengkap, kamu bisa mencoba Grand Rocky Hotel Bukittinggi atau Grand Royal Denai Hotel Bukittinggi.

Alternatif pilihan akomodasi lainnya yang bisa jadi pilihanmu antara lain Grand Bunda Hotel Syariah Bukittinggi untukmu yang mencari hotel syariah. Sedangkan, untukmu yang mencari hotel budget yang ramah di kantong kamu bisa mencoba Hotel Platinum Bukittinggi, Starli Hotel, ataupun Prima Dini Hotel yang menawarkan pilihan kamar dengan harga terjangkau.

Hotel & Penginapan Terbaik di Bukittinggi
Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan di Bukittinggi dengan penawaran harga terbaik di website-website terbaik.

 

Memilih Destinasi Wisata di Bukittinggi

Setelah memilih tranportasi serta akomodasi untuk berlibur ke Bukittinggi, tips selanjutnya adalah melengkapi itinerary liburanmu dengan berbagai destinasi-destinasi wisata yang bisa kamu temui selama berada di Bukittinggi. Spot-spot wisata yang dimiliki oleh kota yang dijuluki juga dengan sebutan Kota Tri Arga juga cukup bervariasi.

Wisata Alam di Bukittinggi Bersama Bina Sarana

Bagi kamu pecinta wisata alam, destinasi wisata di Bukittinggi yang bisa adalah Danau Maninjau ataupun Ngarai Sianok. Meskipun menawarkan lansekap pemandangan yang berbeda, kedua destinasi wisata ini sama-sama memiliki panorama alam yang sangat eksotis dan asri.

Tak kalah menarik dari kedua destinasi tersebut, kamu juga bisa menyusuri Janjang Koto Gadang yang kerap dijuluki sebagai “Tembok Cina“-nya Kota Bukittinggi. Membentang di tengah rimbunnya hutan, kamu bisa menyegarkan pikiran dengan pemadangan yang disajikan di tempat wisata ini.

Wisata Sejarah di Bukittinggi

Tak hanya alamnya yang indah, Bukittinggi juga menyimpan banyak sekali destinasi wisata sejarah yang tak kalah menarik untuk disambangi. Sebut saja Lobang Jepang yang merupakan peninggalan dari masa penjajahan Jepang, Benteng Fort de Kock yang telah ada sejak tahun 1825 di masa kolonialisasi Belanda, serta Rumah Masa Kecil Bung Hatta, salah satu proklamator kemerdekaan Republik Indonesia.

Mengunjungi Jam Gadang yang Ikonik

Tak lengkap rasanya berlibur ke Bukittinggi tanpa menyempatkan diri melihat langsung Jam Gadang yang menjadi landmark dari Kota Bukittinggi. Tahukah kamu bahwa mesin penggerak jam ini hanya terdapat dua di dunia dimana salah satunya berada di menara jam Big Ben di Inggris. Lebih menarik lagi karena di sekitar kawasan Jam Gadang kamu juga bisa menikmati ragam wisata kuliner yang ada di Bukittinggi.

Wisata Lainnya di Bukittinggi

Selain berbagai rekomendasi tersebut, masih banyak destinasi menarik di Bukittinggi yang bisa kamu jelajahi. Beberapa diantaranya adalah Museum Rumah Adat Baanjuang hingga Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan.

 

Kuliner di Bukittinggi

Untuk membuat itinerary liburan ke Bukittinggi lengkap, kamu harus mencicipi ragam kuliner khas dan populer yang ada di Bukittinggi. Khusus kamu pecinta kuliner berikut beberapa pilihan kuliner yang wajib kamu coba di Bukittinggi:

Nasi Kapau

Nasi Kapau, kuliner satu ini sebenarnya tak berbeda jauh dengan Nasi Padang yang kamu sering jumpai. Hanya saja, tentu akan lebih ‘afdol’ rasanya mencicipi ragam masakan khas Minang lengkap dengan nasi hangat langsung di daratan Sumatera Barat, bukan?

Ketupek Pical

Ketupek Pical, hidangan khas Minang lainnya yang wajib kamu cicipi di Bukittinggi adalah Ketupek Pical atau yang populer juga dengan sebutan Pecel Khas Minang. Salah satu kedai yang terkenal akan hidangan Ketupek Picalnya adalah Warung Pical Sikai yang berada di Jalan Panorama nomor 19C. Konon, tempat makan ini telah ada sejak zaman kemerdekaan Indonesia, lho!

Kopi Kawa Daun

Kopi Kawa Daun, berbeda dengan kopi pada umumnya yang diolah dari biji kopi, di Bukittinggi kamu bisa mencicipi Kopi Kawa Daun yang justru terbuat dari seduhan daun kopi. Uniknya lagi, hidangan kopi khas ini disajikan menggunakan batok kelapa.

Ampiang Dadiah

Ampiang Dadiah, jajanan unik yang hanya bisa kamu temukan di tanah Minang lainnya adalah Ampiang Dadiah. Diolah dari susu kerbau yang difermentasi dan disajikan bersama gula merah, ketan putih, serta ketan merah, cita rasa yang ditawarkan panganan satu ini sangat menarik untuk dicoba.

 

Dengan tips serta panduan liburan ke Bukittinggi, kini kamu bisa menyusun itinerary liburanmu selanjutnya dengan lebih praktis, bukan? Agar lebih mudah, kamu juga bisa download aplikasi Traveloka untuk penuhi berbagai kebutuhan traveling-mu.

 

Cek Artikel Yang Lain Disini

Kamu juga bisa langsung download Bina Sarana Sekarang Juga

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *