Rental Mobil jakarta, sewa bis pariwisata
Rental Mobil jakarta, sewa bis pariwisata

Mohon Tunggu...

Keranjang Anda saat ini kosong.

Kembali ke toko

rental mobil | rental mobil innova | rental mobil innova bandung

Mengenal Fitur Keamanan Terkini pada Mobil Ala Rental Mobil Innova Bandung

Kian padatnya lalu lintas dari pertambahan jumlah kendaraan bermotor, menambah risiko mengemudi. Ditambah lagi, karakter pengemudi yang umumnya minim kepedulian soal keselamatan berkendara, terutama di Indonesia. Nyawa jadi taruhannya. Meski kita sudah berhati-hati dan waspada, di saat yang sama pengemudi lain bisa saja bertindak sembarangan. Berangkat dari hal tersebut, mobil sekarang dilengkapi banyak fitur keselamatan mobil yang canggih.

Banyak pabrikan mobil yang mulai menyadari fitur keselamatan mobil sudah menjadi keharusan, bukan pilihan. Perubahannya sangat signifikan, terutama bila dibandingkan dengan era dua dekade lalu. Kala itu belum banyak model mobil dilengkapi kantung udara maupun rem ABS. Sekarang, hampir semua ada, meski masih ada beberapa model atau varian yang belum memilikinya.

Saat hendak membeli mobil Sahabat pasti akan mempertimbangkan beberapa hal, yaitu dari segi jenis mobil yang akan digunakan, merk mobil, desain yang menarik, performa mesin, atau keselamatan dan kenyamanan. Namun dari semua aspek itu, tahukah kalian bahwa kelengkapan fitur keselamatan mobil adalah aspek pertama yang harus kamu pertimbangkan.

Kecelakaan adalah hal yang pastinya sangat dihindari oleh setiap pengemudi, termasuk para penumpang. Walau kalian sudah berkendara dengan perlahan sekalipun, kecelakaan bisa terjadi karena adanya pengendara lain yang kurang berhati-hati. Untungnya, saat ini sudah banyak teknologi keamanan di mobil yang menjamin keselamatan penumpang ketika terjadi kecelakaan.

Ironisnya, tak banyak orang yang paham istilah-istilah fitur keamanan yang saat ini sudah dipasangkan pada setiap mobil keluaran baru. Hal ini kemudian membuat mereka kurang sadar akan pentingnya fitur ini dan akhirnya malah mengabaikannya. Agar semakin paham dengan setiap fungsi fitur keamanan terkini di mobil, berikut beberapa fitur yang wajib Anda pahami.

Baca Juga : Tips Membawa makanan saat liburan ke pantai Bersama Sewa Mobil Mewah Bali

Berikut adalah Fitur Keamanan Terkini pada Mobil Ala Rental Mobil Innova Bandung

Fitur Airbag

Fitur yang paling umum diketahui masyarakat adalah airbag yaitu bantalan yang dapat digelembungkan untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari cedera serius saat terjadi tabrakan. Airbag menyokong sabuk pengaman untuk menghindarkan pemakainya dari benturan di interior mobil. Biasanya, airbag dipasang di dashboard dan roda kemudi. Airbag sangat cepat dalam menggelembung, bahkan bisa mencapai 100 km/jam. Oleh karena itu, sebaiknya jangan pernah menaruh sesuatu di atas dashboard agar benda tersebut tidak jadi proyektil yang berbahaya bagi penumpang.

Fitur keselamatan mobil Airbag atau kantung udara sangat membantu menyelamatkan nyawa ketika terjadi tabrakan. Karena berfungsi sebagai pelindung tubuh manusia agar tidak terbentur dengan bagian mobil. Sekarang, hampir semua mobil sudah disediakan airbag. Minimal dua buah, untuk pengemudi dan penumpang depan. Namun masih ada pabrikan yang hanya menyediakan satu dengan alasan harga. Semakin banyak tentu makin aman.

Baca Juga : Destinasi Wisata Bandung Terpopuler Buat Road Trip Bersama Sewa Mobil bandung.

Anti-lock Braking System (ABS)

Fitur keselamatan mobil ABS berfungsi sangat penting ketika kamu melakukan pengereman mendadak. Pada mobil yang tidak menggunakan ABS saat dilakukan pengereman mendadak kemungkinan besar roda akan terkunci dan mobil tergelincir. Berbeda dengan mobil yang menggunakan sistem ABS, sistem ini akan mencegah roda terkunci walaupun kamu melakukan pengereman mendadak, di kondisi hujan dan jalanan licin pun sistem ABS akan membantu mobil tidak tergelincir.

Sesuai namanya, sistem ini membantu pengemudi untuk mengendalikan kendaraan dan mencegah selip ketika mobil melakukan mengerem secara mendadak. ABS akan menggunakan sensor kecepatannya untuk menentukan apakah ada roda yang bakal mengunci dengan sendirinya. Bila roda akan mengunci, pipa hidrolik akan mengendur dan mengurangi pengereman pada roda tersebut sehingga tidak tergelincir dan selip. Hal ini kemudian akan membantu pengemudi untuk mengendalikan kemudi lebih baik.

Baca Juga : Tips Sukses Membangun Bisnis Rental Mobil Bersama Jasa Rental Mobil Depok

Electronic Brake Distribution (EDB)

Electronic brake distribution (EDB) adalah fitur tambahan untuk sistem ABS yang lebih canggih. Ada sistem tersendiri yang mengidentifikasi kondisi jalan, kecepatan, jumlah muatan, dan lain sebagainya untuk mengatur kemampuan pengereman yang lebih efektif. Sistem pengereman pada EBD tidak seperti sistem pengereman biasa yang mengerahkan kekuatan sama kepada setiap empat roda. EBD akan memberikan kekuatan pengereman yang secara konstan berubah sesuai dengan kondisi yang telah terbaca sebelumnya.

Misalnya ketika Anda melakukan pengereman di jalur lurus. Dalam mobil yang memiliki EBD, roda belakang akan mendapatkan tekanan yang lebih rendah dari pada roda depan, yang notabene jadi daya topang utama pengereman. Tanpa EBD, sistem pengereman akan memberikan tekanan yang sama pada setiap roda yang berpotensi menyebabkan roda terkunci.

Baca Juga : Tips Destinasi Wisata Anti Mainstream di Indonesia Bersama Rental Alphard Bandung

Traction Control

Fitur ini digunakan untuk mencegah roda kehilangan daya gesek saat menambah kecepatan. Roda yang berputar licin di jalan memang memberikan efek keren saat berkendara, namun hal ini tidak akan membantu Anda untuk mendapatkan kecepatan yang Anda inginkan. Selain itu, roda juga bisa cepat gundul akibat tergesek secara konstan.

Sistem komputasi pada traction control akan membandingkan kecepatan putaran roda dengan kecepatan mobil itu saat melaju. Ketika ada loss grip atau hilangnya gaya gesek, maka traction control akan membantu mengurangi kecepatan putaran roda. Dengan begitu, roda akan kembali meraih gaya gesek dan dapat melaju sesuai keinginan.

Nah bagaimana Sahabat, apakah mobil yang kamu miliki sudah memiliki fitur keselamatan mobil seperti diatas atau belum? Jika belum, untuk keamanan dan kenyamanan lebih baik mengganti atau menambahkan fitur di atas.

Tetapi jika kamu memang kebetulan sedang ingin mencari mobil dengan fitur keselamatan mobil yang lengkap, coba cek di situs web resmi Bina Sarana Rent Car deh atau kamu juga bisa langsung download Bina Sarana App Sekarang juga!. Tidak hanya fitur keselamatan saja yang lengkap lho, tapi jenis mobilnya lengkap banget. Selain itu, mobil-mobil di Bina Sarana Rent Car juga memiliki kondisi yang sangat oke. So, Tunggu apa lagi? Segera sewa mobil di Bina Sarana Rent Car Sekarang juga!

Baca Juga : Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan Ala Rental Alphard Bogor

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *