sewa bus | sewa bus pariwisata | sewa bus pariwisata depok

Tips Hemat Bahan Bakar saat Berkendara Ala Sewa Bus Pariwisata Depok

Sebagai pemilik atau pengguna mobil, tentu kamu akan selalu mencari cara agar mobil yang kamu kendarai irit BBM. Selain karena harga BBM yang semakin mahal, ketersediaan bahan bakar pun akan cepat habis jika penggunaannya tidak diperhatikan dan dihemat.

Selain penghematan konsumsi BBM yang berusaha dilakukan oleh pengguna mobil dan kendaraan bermotor lainnya, kalangan produsen kendaraan juga telah menerapkan kebijakan untuk memproduksi kendaraan bermotor yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Cara paling efektif agar mobil kamu irit BBM adalah dengan mengurangi bahan bakar yang kamu pakai alias mengurangi pemakaian kendaraan kamu. Namun tentunya dengan padatnya aktivitas kamu dan keluarga, pengurangan pemakaian kadang sulit untuk dilakukan sehingga mau tidak mau kamu mengeluarkan uang lebih. Berikut ini beberapa tips dan trik buat kamu agar mobil irit bahan bakar.

Baca Juga : 5 Tips Persiapan Work From Bali agar WFB Seru & Tetap Produktif Bersama Rental Mobil Bali

Berikut adalah beberapa Tips Hemat Bahan Bakar saat Berkendara Ala Sewa Bus Pariwisata Depok

Ikuti Batas Kecepatan

Cara berkendara irit BBM yang paling mudah dan efektif adalah dengan mempertahankan laju kendaraan dalam batas kecepatan yang ditentukan. Efisiensi BBM mobil kamu akan menurun drastis seiring dengan penambahan kecepatan mobil. Jangan terlalu sering menginjak pedal akselerasi terlalu dalam lalu mengerem secara tiba-tiba.

Baca Juga : Tips sewa bus pariwisata untuk Liburan yang aman dan nyaman Bersama Sewa Bus Pariwisata Jakarta

Atur Putaran Mesin

Putaran mesin bisa kamu lihat di bagian speedometer yang tertulis angka 1 hingga 15 tergantung mobil yang kamu miliki. Biasanya mobil-mobil pada umumnya hanya sampai angka 7 atau 8. Berbeda dengan mobil sports yang bisa mencapai angka 15.

Nah angka tersebut menunjukkan putaran mesin mobil kamu, laju putaran mesin yang terlalu tinggi atau rendah secara konstan akan membuat konsumsi bahan bakar lebih besar. Agar mobil kamu irit BBM, usahakan mengatur putaran mesin ideal di 2500-3000 rpm dengan cara menginjak pedal gas secara perlahan.

Baca Juga : Tips Destinasi Wisata Religi di Indonesia Bersama Sewa Innova Mewah Jakarta

Jaga Jarak

Tahukah kamu, mengatur jarak mobil kamu dengan mobil yang ada di depan kamu bisa membuat irit BBM lho. Perilaku mengerem mendadak kemudian menekan gas lagi untuk mengembalikan kendaraan ke kecepatan semula akan membuat boros bahan bakar mobil. Jadi, usahakan memberi jarak antara mobil kamu dan mobil depan, selain irit bahan bakar kamu juga bisa terhindar dari kecelakaan.

Baca Juga : Tips Membawa makanan saat liburan ke pantai Bersama Sewa Mobil Mewah Bali

Menambah Kecepatan Secara Bertahap

Buat kamu yang sering bepergian melewati tol, jangan pernah menginjak pedal gas secara mendalam dengan cepat setelah mengurangi kecepatan. Lebih baik kamu mengatur gas secara bertahap agar mobil kamu irit BBM dan mendapatkan akselerasi yang kamu inginkan.

Baca Juga : Tips Tempat Hiking Terpopuler di Indonesia Bersama Open Trip Jakarta

Gunakan Gigi yang Tepat

Mengemudikan mobil dengan gigi rendah secara terus-menerus atau dengan gigi tinggi saat melintasi daerah berbukit atau menanjak akan membuat konsumsi BBM berlebih. Agar mobil kamu irit BBM alangkah baiknya kamu mengatur gigi yang tepat, seperti posisi S atau L pada transmisi mobil matic ketika keadaan menanjak atau gigi 1 dan 2 pada mobil transmisi manual.

Baca Juga : Tips Persiapan untuk Liburan saat Musim Hujan Bersama Rental Alphard Jakarta

Jangan Berhenti Dengan Kondisi Mesin Menyala Terlalu Lama

Mitos atau fakta, sebenarnya ini fakta lho Sahabat. Walaupun mesin mobil sudah canggih dan teknologinya sudah maju, berhenti dalam kondisi mesin menyala dalam waktu yang lama tidak akan membuat mobil kamu irit BBM. Oleh karena itu, jika kamu memang ingin berhenti dalam waktu yang lama untuk beristirahat ketika perjalanan jauh, alangkah baiknya mesin mobil dimatikan saja.

Baca Juga : Tips Sewa Mobil untuk Liburan Bersama Sewa Mobil Depok

Parkir Mobil di Tempat Teduh

Alasan ilmiahnya adalah jika mobil kamu lebih sejuk, penguapan bahan bakar akan lebih sedikit sehingga bensin di tangki tidak menguap. Sehingga bensin di dalam tangki mobil tidak menguap dan mobil kamu tetap irit BBM. Selain itu, parkir di tempat teduh juga akan membuat cat mobil kamu tetap mengkilap dan terhindar dari jamur.

Baca Juga : Tips Destinasi untuk Babymoon bersama Rental Mobil Jakarta

Membawa Barang Seperlunya

Semakin banyak barang yang dibawa semakin berat pula mobil untuk berakselerasi. Agar mobil kamu irit BBM, singkirkan barang yang tidak perlu dari bagasi. Mengangkut barang di atas atap juga tidak disarankan karena akan menyebabkan hambatan angin yang lebih besar sehingga memperlambat laju mobil.

Baca Juga : Tips yang Perlu Dipersiapkan Saat Mendongkrak Mobil Ala Rental Mobil Mewah Jakarta

Bersihkan Saringan Udara

Jika saringan udara kotor, tenaga dan efisiensi mesin akan berkurang dan lebih banyak bahan bakar yang akan diperlukan. Sehingga akan mengurangi nilai irit BBM yang kamu miliki. Lakukan pembersihan filter udara setiap kamu melakukan servis mobil, jika filter sudah tidak bisa digunakan lagi segera ganti dengan komponen yang sesuai.

Baca Juga : Tips Berkendara Yang Benar dan Nyaman Bersama Bina Sarana Rent Car

Gunakan Tekanan Angin Ban yang Tepat

Ban yang diisi angin dengan tekanan yang benar akan memiliki kemampuan jelajah yang lebih jauh dengan jumlah bahan bakar yang sama. Tetapi Sahabat jangan berpikiran untuk mengisi tekanan angin ban terlalu banyak karena bisa membahayakan ketika berkendara. Ikuti tekanan angin ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Baca Juga : Mengenal Fungsi Lampu Hazard dan Cara Menggunakannya Ala Rental Mobil Termurah Bandung

Lakukan Servis Berkala

Melakukan perawatan mobil dengan cara tune-up mobil bisa membuat mobil kamu irit BBM. Karena ketika mobil kamu di tune-up, kotoran pada busi dan koil akan hilang sehingga memperlancar putaran mesin sehingga semakin besar tenaganya dan makin hebat pemakaiannya.

Bersama Bina Sarana Rent Car, Mobil yang kami gunakan maksimal pemakaian hanya 4 tahun dan selalu dirawat dan dibersihkan agar memenuhi kenyamanan dan keamanan pelanggan. Terimakasih sudah membaca artikel kami, nantikan update artikel berikutnya ya!

Kamu juga bisa langsung download Bina Sarana Apps, Sekarang juga!

Baca Juga : Tips Rental Mobil yang Murah di Jakarta bersama Rental Mobil Murah Jakarta

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.