Rental Mobil jakarta, sewa bis pariwisata
Rental Mobil jakarta, sewa bis pariwisata

Mohon Tunggu...

Keranjang Anda saat ini kosong.

Kembali ke toko

sewa mobil alphard | kerajaam mataram kuno | candi

Mengunjungi Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno Bersama Sewa mobil Alphard

Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno Bersama Sewa mobil Alphard

Kerajaan Mataram Kuno adalah salah satu kerajaan Hindu yang ada di Indonesia sekitar abad 8-10 Masehi. Kerajaan ini berada di Jawa Tengah, membuatnya sebagai kerajaan yang paling sukses di bidang agraria yang ada di Indonesia. Kerajaan Mataram Kuno pernah dipimpin oleh dua dinasti yang berbeda, sehingga tak heran peninggalannya sangat banyak.

Berikut beberapa peninggalan sejarah dari Kerajaan Mataram Kuno yang bisa kamu jadikan destinasi wisata selanjutnya:

Baca juga : Mengunjungi Tempat Wisata Danau Sentani Bersama Rental Mobil Papua

Mengunjungi Candi Borobudur

Alamat: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Kamu pasti sudah tidak asing dengan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang satu ini. Candi Borobudur adalah candi Buddha yang terbesar yang ada di dunia. Candi Borobudur dibangun pada masa dinasti Syailendra. Candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, dinobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Candi Borobudur diperkirakan tingginya setara dengan bangunan 10 lantai, dengan bentuk candi menyerupai teratai dan bermahkotakan sebuah kubah berbentuk genta yang besar. Bangunannya merupakan gabungan stupa dan gunung yang menjadi mahakarya arsitektur dan seni monumental bagi umat Buddha. Hal-hal inilah yang menjadikan Candi Borobudur sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Candi Borobudur pertama kali ditemukan kembali oleh Sir Thomas Raffles, Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada saat itu. Konon, nama Borobudur berasal dari kata bara dan budur. Bara artinya kompleks biara dan budur yang artinya atas, yang jika digabungkan menjadi Barabudur (dibaca Borobudur) yaitu kompleks biara di atas.

Baca juga : Destinasi Wisata yang Nggak Kalah Menarik di Parapat Versi Hiace Indonesia

Candi Mendut

Alamat: Jl. Mayor Kusen, Sumberrejo, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah

Selain Candi Borobudur, Kerajaan Mataram Kuno juga memiliki Candi Mendut yang bercorak agama Budha. Terletak tiga kilometer dari Candi Borobudur, Candi Mendut juga terletak di daerah Magelang, Jawa Tengah. Candi Mendut dibangun pada abad ke 8 Masehi, ketika dinasti Syailendra berkuasa, tepatnya ada dibawah kekuasaan dari Raja Indra. Candi ini dihiasi ukiran makhluk mitologi, antara lain dewata gandarwa dan apsara atau bidadari, dan dua ekor kera dan seekor garuda. Selain itu juga terdapat banyak jenis relief, diantaranya adalah Brahmana, Hewan Angsa dan Kura-kura, dan dua burung betet. Dasar bangunan dari candi ini adalah batu bata yang ditutupi dengan berbagai jenis batuan alam. Persis di sebelah Candi Mendut terdapat Vihara Buddha Mendut, yang dulunya adalah biara umat Katolik. Di dalam kawasan vihara terdapat asrama, tempat ibadah, taman, dan patung Buddha. Beberapa diantara patung Budha tersebut adalah sumbangan dari Negara Jepang. Namun kemudian lahannya dibagi-bagi kepada rakyat sekitar tahun 1950.

Baca juga : Panduan Liburan Puas dan Hemat ke Trio Gili Bersama Sewa Mobil Lombok

Prasasti Ratu Boko

Alamat: Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Candi Ratu Boko berada di sebelah selatan dari Candi Prambanan, berlokasi di atas bukit dan meliputi dua desa yaitu Desa Sambirejo dan Desa Dawung. Situs ini juga disebut dengan Kraton Ratu Boko, karena dipercaya dulunya adalah lokasi istana Ratu Boko, ayah dari Loro Jonggrang. Meskipun namanya adalah candi, sebenarnya yang kita lihat di situs bersejarah ini bukan bangunan penuh melainkan reruntuhan kerajaan. Namun kamu tidak perlu kecewa karena kompleks situs ini menarik untuk dijadikan spot foto. Situs yang berada dalam kompleks berpintu gerbang, pendopo, kolam pemandian, dan pagar pelindung ini cocok kamu kunjungi saat matahari terbenam. Kamu bisa mendapatkan foto siluet yang indah dengan tampak belakang langit oranye.

Baca juga : Panduan Berwisata ke Taman Nasional Bunaken Bersama Sewa Mobil Manado

Candi Sewu

Alamat: Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.KM.16, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Candi Sewu adalah candi bercorak agama Buddha terbesar kedua setelah Candi Borobudur yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Candi yang dibangun di era Kerajaan Mataram Kuno diperkirakan dibangun pada abad 8 Masehi. Candi Sewu hanya berjarak 800 meter dengan Candi Prambanan. Uniknya, jumlah candi yang berada di kompleks ini tidak sesuai dengan namanya. Jumlah dari candi yang ada di Candi Sewu hanya 249, berbeda jauh dengan namanya sewu yang berarti seribu. Candi Sewu terbagi menjadi tiga bagian candi. Candi bagian pertama adalah Candi Utama yang menjadi bagian terbesar di dalam kompleks Candi Sewu dan posisi Candi Utama ini mengelilingi bagian utama dari Candi Sewu. Bagian kedua adalah Candi Perwara, candi ini yang mengelilingi Candi Utama yang berjumlah sekitar 240 candi yang memiliki bentuk hampir sama dengan Candi Utama Yang menjadi pembeda antara Candi Utama dan Candi Perwara adalah bagian kepalanya yang lebih kecil. Bagian terakhir adalah Candi Pengapit yang merupakan gerbang pintu masuk untuk menuju ke Candi Utama. Jumlahnya delapan buah dan terdapat di sela-sela bagian terluar Candi Perwara.

Baca juga : Rekomendasi Vila dengan Private Pool di Sanur Bersama Sewa Mobil Sanur

Candi Arjuna

Alamat: Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Candi Arjuna adalah candi yang yang bercorak Hindu dan diperkirakan dibangun sekitar abad 8 Masehi. Candi ini terletak di kawasan candi Dataran Tinggi Dieng. Kompleks Candi Arjuna merupakan yang terluas dan yang paling sering dikunjungi. Selain Candi Arjuna, di Dataran Tinggi Dieng juga terdapat empat bangunan candi lainnya yaitu Candi Sembadra, Candi Puntadewa, Candi Srikandi dan Candi Semar.

Candi Arjuna adalah candi yang pertama dibangun, dapat dilihat dari candi yang bergaya India yaitu memiliki relung yang menjorok ke dalam, Arsitektur dari Candi Arjuna menghadap ke arah barat, dimana terdapat tangga yang menuju pintu masuk candi. Bagian pintu candi terdapat bilik penampil dan pada bagian samping Candi Arjuna terdapat bingkai dengan ukiran bunga kertas khas dari India. Pada bagian dalam candi ini terdapat ruang yang berfungsi sebagai tempat menaruh sesajen atau biasa disebut dengan yoni. Pada bagian atasnya terdapat lubang yang berfungsi untuk menampung air dari atap candi. Di sini kamu tidak akan menemukan arca-arca karena sebagian besar sudah disimpan di Museum Kailasa yang letaknya tidak jauh dari kompleks candi.

Baca juga : Menjelajahi Tempat Wisata Ubud Bersama Sewa Mobil Bali

Nah, itu tadi situs peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Manakah yang ingin kalian kunjungi?

Selain memiliki nilai sejarah yang tinggi, juga indah diabadikan di kamera. Kamu bisa kunjungi langsung situs bersejarah peninggalan Kerajaan Mataram Kuno dengan pesan bus atau kereta ke Jawa Tengah.

Gunakan aplikasi Bina sarana Rentcar, Sekarang!

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *