Rental Mobil jakarta, sewa bis pariwisata
Rental Mobil jakarta, sewa bis pariwisata

Mohon Tunggu...

Keranjang Anda saat ini kosong.

Kembali ke toko

rental mobil | rental mobil haice | rental mobil haice jakarta

Tips Merawat Mesin Mobil Agar Selalu Sehat dan Tidak Mudah Turun Mesin Ala Rental Hiace Jakarta

Mesin mobil merupakan aspek paling penting yang ada pada mobil. Mesin mobil diibaratkan otak pada manusia. Ia memiliki fungsi yang sangat penting dan vital dalam menjalankan performa mobil sebagaimana mestinya.

Agar mobil tidak cepat turun mesin, memiliki performa yang baik dalam jangka waktu yang panjang dan tidak mudah “sakit-sakitan”, ada baiknya Anda harus pintar dalam merawat mesin Anda sendiri. Lalu bagaimana cara mudah merawat mesin agar selalu sehat dan memiliki performa yang baik? Yuk baca artikel ini hingga selesai ya!

Baca Juga : Perlengkapan Kesehatan yang Wajib Dibawa saat Liburan Bersama Jasa Rental Mobil Jakarta

Cara Merawat Mesin Mobil Ala Rental Hiace Jakarta

1. Rajin Service Mobil Setiap 10.000 Km

Rajin melakukan servis mobil merupakan salah satu perawatan mobil jangka panjang untuk mengetahui bagian mana saja dari elemen dan komponen mobil yang perlu diperbaiki. Sebaiknya, ikuti instruksi perawatan mobil dengan benar dan tepat pada waktunya. Sehingga jika ada salah satu komponen mobil yang mulai mengalami kerusakan, bisa segera diperbaiki dan mobil akan kembali sehat dan tidak rewel.

Jika Anda telat saja dalam melakukan service mobil, maka yang terjadi adalah komponen mobil yang awalnya hanya butuh perbaikan. Bisa menjadi rusak permanen dan harus diganti dengan komponen yang baru. Dan hal tersebut tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit ketimbang Anda merawat dan melakukan servis rutin mobil secara berkala sesuai dengan intruksi yang diberikan.

Hal ini dilakukan agar jika terjadi kerusakan, mesin bisa diperbaiki dan ditangani sedini mungkin untuk mencegah kerusakan lain yang akan membuat performa mesin menurun dan bisa berakibat pada turun mesin.

Baca Juga : Mengungkap Kenikmatan Surabaya & Madura Menggunakan Sewa Mobil Surabaya

2. Mengganti Oli Mobil Secara Rutin Ala Rental Hiace Jakarta

Mengganti oli adalah salah satu bentuk “kasih sayang” Anda dalam merawat mesin mobil. Ibarat kan mobil adalah manusia, Anda pasti membutuhkan air untuk beraktivitas sehari-hari. Sama halnya dengan mobil yang membutuhkan oli untuk melakukan aktivitas dan menjalankan mesin.

Ketika mobil Anda jarang diganti olinya, maka yang terjadi adalah mesin akan dipaksa untuk melaju, padahal ia sangat butuh oli agar mesin dapat bekerja secara sempurna. Akibatnya, mesin akan dipaksa bekerja dan mesin pun akan mudah rusak. Komponen mesin lama-lama akan menurun performanya bahkan kerusakan akan menyebar sedikit demi sedikit pada komponen vital lainnya.

Baca Juga : Tips Berkendara Yang Benar dan Nyaman Bersama Bina Sarana Rent Car

3. Cara Berkendara yang Ramah Mesin Ala Rental Hiace Jakarta

Ternyata, cara berkendara pun sangat berpengaruh pada performa mesin mobil Anda. Semakin sering Anda mengganti kopling pada mobil manual dan sesuai dengan kondisi jalanan. Maka mesin tidak akan bekerja terlalu lelah. Hal itu dapat terjadi karena mobil dipacu dengan gigi yang benar dan kecepatan yang benar. Sedangkan jika cara mengemudinya sering rem mendadak, ugal-ugalan. Selain mengakibatkan keborosan pada penggunaan bensin, juga akan membuat mesin dipaksa bekerja dengan cepat.

Sebagai contoh, Anda mengemudi dengan posisi kopling di gigi dua. Lalu Anda pacu mobil Anda di jalan tol dengan kecepatan hampir 80 km/jam. Apa yang akan terjadi pada mobil Anda? Mobil Anda akan berbunyi sangat nyaring, bensin akan cepat habis, mesin dipaksa bekerja rodi, dan ujung-ujungnya mesin mudah rusak. Semakin kecil gigi pada kopling, maka semakin kecil juga kecepatan yang akan dihasilkan. Idealnya, gigi kopling 2 digunakan hanya pada jalanan yang tidak membutuhkan laju mobil yang cepat.

Anda bisa gunakan gigi 4 hingga 6 untuk di jalan tol. Jadi, ketika Anda salah saja dalam memindahkan kopling dan berkendara seenaknya, maka dengan cara halus Anda sudah membuat mobil Anda menjadi lelah dan mesin pun akan mudah rusak. Berkendaralah dengan tenang, aman dan nyaman. Pacu mobil dengan kecepatan yang stabil. Dengan demikian, mesin berjalan dengan semestinya dan pemakaian bensin pun akan lebih irit.

Baca Juga : Sepotong Surga di Tanjung Bira Bersama Sewa Mobil Makassar

4. Mengecek Keadaan Aki Mobil Secara Berkala Ala Rental Hiace Jakarta

Aki mobil merupakan salah satu elemen penting pada mesin mobil yang sangat vital dan perlu perlakuan khusus. Untuk mobil yang menggunakan aki cair, Anda harus sesering mungkin mengecek air aki agar tidak mengalami kekeringan. Karena ketika Anda lupa saja tidak mengisi air aki dan aki menjadi kering, maka mobil tidak bisa menyala dan tidak bisa starter. Akibatnya, aki harus diganti dan mesin pun akan terpengaruh pada keadaan seperti itu.

Untuk mensiasatinya, Anda bisa beralih menggunakan aki kering yang cara perawatannya lebih mudah. Anda tak perlu setiap minggu mengecek ketersediaan aki. Anda cukup pergi ke dealer mobil untuk mengecek aki kering setiap 3 bulan sekali. Apakah akinya masih layak atau tidak. Jika sudah menunjukan angka merah, maka sebaiknya ganti aki dan pastikan aki berkinerja baik dan tidak merusak mesin mobil.

Bersama Bina Sarana Rent Car, Mobil yang kami gunakan maksimal pemakaian hanya 4 tahun dan selalu dirawat dan dibersihkan agar memenuhi kenyamanan dan keamanan pelanggan. Terimakasih sudah membaca artikel kami, nantikan update artikel berikutnya ya!

Baca Juga : Destinasi Wisata Bandung Terpopuler Buat Road Trip Bersama Sewa Mobil bandung. 

 

Kamu juga bisa langsung download Bina Sarana Apps, Sekarang juga!

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *