rental mobil | rental mobil mewah | rental mobil mewah jakarta

Tips yang Perlu Dipersiapkan Saat Mendongkrak Mobil Ala Rental Mobil Mewah Jakarta

Tips Aman Saat Mendongkrak Mobil – Kegiatan mendongkrak mobil tidak bisa dilakukan sembarangan, karena akibatnya bisa fatal. Bila kita lihat dengan sekilas, saat seseorang mendongkrak mobil, rasanya seperti hanya menekan dan menarik tuas saja, lalu badan mobil bisa langsung terangkat.

Pikiran orang awam yang belum mengerti pasti hanya sampai disitu saja, padahal efek dari kesalahan mendongkrak bukan pada tidak naiknya bodi mobil ke atas, namun setelah itu. Maksudnya disini adalah, ketika proses pendongkrak an mobil yang tidak tepat, bisa saja suatu ketika dongkrak tiba tiba melesat dari tumpuan karena pijakan pada dongkrak tidak pas, bisa juga dongkrak tiba tiba patah karena posisi yang kurang tepat dan sebagainya.

Satu alat yang selalu disiapkan dalam mobil pastinya adalah dongkrak. Alat ini punya banyak fungsi sesuai dengan jenis-jenisnya. Namun, cara mengkaplikasikan penggunaannya pun tidak bisa sembarangan. Diperlukan beberapa tips mendongkrak mobil yang sederhana dan bisa diterapkan sebelum dilakukan.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa kondisi dongkrak mobil yang dimiliki. Jika dongkrak masih berfungsi tentunya akan sangat berguna. Namun, jika sudah rusak, kamu tentunya mesti menyiapkan dongkrak mobil yang memang benar-benar dalam kondisi sangat baik ketika akan digunakan. Lalu, bagaimana tips mendongkrak mobil yang benar?

Selain dari masalah dongkraknya, pengguna dongkrak juga harus berhati hati, jangan berada dibawah mobil ketika kegiatan pendongkrakan masih dalam tahap berjalan. Oke kita langsung bahas saja, bagaimana cara aman saat mendongkrak mobil, berikut tips nya:

Tips mendongkrak mobil yang benar Ala Rental Mobil Mewah Jakarta

 1. Tempat mendongkrak

Ketika terdapat sebuah masalah pada ban, misalnya bocor. Masih ada beberapa pengendara yang mendongkrak mobilnya di tanah yang miring. Padahal itu sangat berpotensi besar terjadinya pergeseran pada dongkrak saat mulai dinaikkan, hal itu sangat berbahaya bagi pendongkrak. Sebelum mulai mendongkrak mobil, tempatkan posisi dongkrak dan mobil pada permukaan yang rata dan dan sebaiknya pilih tempat yang datar dan keras. Kalau perlu, penempatan dongkrak dilapisi kayu keras terlebih dahulu.

Cara ini bertujuan agar pijakan dongkrak mobil menjadi lebih seimbang. Jika dilakukan pada permukaan yang landai, maka akan jadi sangat berbhaya karena posisinya yang tidak seimbang.

Baca Juga : Dibuai Warna-warni Bangka Belitung Bersama Sewa Alphard Transformer

2. Mobil sudah terkunci

Ketika anda hendak mendongkrak, pastikan roda mobil sudah benar benar terkunci, misalnya dengan menggunakan tuas rem tanggan dan memasukkan persneling mobil di gigi 1. Hal ini untuk menghindari maju atau mundurnya mobil pada saat bodi mobil sudah terangkat.

Baca Juga : Alasan Memilih Bina Sarana Rentcar Bersama Sewa Mobil Murah Jakarta

3. Kenali jenis alat dongkraknya

Jangan gunakan dongkrak kecil untuk mendongkrak mobil truk. Awalnya mobil akan terangkat, tapi tidak akan lama, dongkrak akan rusak atau kalau jenis dongkrak botol maka akan bocor langsung. Gunakan dongkrak sesuai dengan kemampuan dongkrak. Jangan dipaksakan.

Baca Juga : Tips Destinasi untuk Babymoon bersama Rental Mobil Jakarta

4. Jangan berada di bawah mobil

Ketika anda dalam kondisi mengoperasikan dongkrak, jangan berada dibawah bodi mobil. Tanpa disadari banyak pemilik mobil kecil yang sering menggunakan dongkrak sampai tidur tidur dibawah kolong. Hal ini karena mobil MPV, sedan dan minibus lainnya memiliki jarak bodi dan tanah sangat dekat. Namun alasan itu jangan digunakan lagi ya, keselamatan lebih penting. Mobil diciptakan sedemikian rupa pasti ada celah dalam mengambil posisi ter aman untuk mendongkrak mobil.

Baca Juga : Tips Persiapan Bulan Madu Ala Sewa Mobil Mewah Bogor

5. Cari benda lain untuk membantu mendongkrak

Setelah mobil terangkat, anda harus mencari benda  atau misal ban serep untuk membantu menopang bodi mobil, ketika ban utama yang bocor sudah dilepas, gantikan posisinya dengan ban serp yang ada dibawah mobil. Hal ini untuk jaga jaga saja, kan tidak tahu nanti bagaimana yang akan terjadi. Kalau memang tidak ada ban doble, setidaknya harus diupayakan benda lain yang sekiranya bisa membantu fungsi dongkrak.

Baca Juga : Vila Romantis di Yogyakarta untuk Honeymoon Bersama Sewa Mobil Yogyakarta

6. Tumpuan saat mendongkrak mobil

Tips berikutnya adalah dengan memperhatikan tumpuan. Sederhananya, tidak semua bagian di bawah mobil bisa dijadikan sebagai tumpuan dongkrak. Terdapat beberapa bagian yang bisa dijadikan tumpuan, dan ini pun bergantung pada struktur rangka bodi mobil. Pertama adalah tumpuan pada bagian samping bawah pintu dan juga pada lower arm suspension. Cara ini bisa dilakukan pada bodi mobil monocok. Hal ini bisa filakukan karena sistem supensi menempel langsung pada bodi mobil.

Cara kedua adalah mendongkrak mobil pada bodi frame terpisah. Posisinya bisa dilakukan pada bagian frame tempat untuk meletakkan sistem suspensi. Di sanalah posisi dongkrak ditempatkan karena merupakan bagian yang paling kuat dari mobil. Cara ini bisa dilakukan pada mobil-mobil dengan bobot yang berat atua kendaraan untuk niaga.

Bersama Bina Sarana Rent Car, Mobil yang kami gunakan maksimal pemakaian hanya 4 tahun dan selalu dirawat dan dibersihkan agar memenuhi kenyamanan dan keamanan pelanggan.

Nah itu saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Terimakasih sudah membaca artikel ini.

Baca Juga : Mengarungi Keindahan Danau Toba Menggunakan Sewa Hiace

Kamu juga bisa langsung download Bina Sarana Apps, Sekarang juga!

 

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.